SD Islam Al Hasanah

Rabu, 19 Mei 2010

Pesantren Kilat 2010

Pendahuluan

“Apabila anak adam mati maka terputus semua amalnya kecuali 3 perkara yaitu anak sholih yang mendo’akannya, ilmu yang bermanfaat, dan amal jariyah ”
“…….janganlah kalian meninggalkan generasi di belakang kalian dalam keadaan lemah yang engkau cemaskan keadaannya… (An Nisaa : 9)
Sesungguhnya anak yang sholih adalah harta tak ternilai yang harus dimiliki oleh setiap orang. Urgensi pendidikan bagi sebuah generasi adalah lebih dari sekedar mempersiapkan generasi tersebut agar dapat eksis pada zamannya, tapi lebih dari itu pendidikan bagi sebuah generasi adalah membangun sebuah kehidupan yang lebih berkualitas bagi dirinya dan orang tuanya di dunia dan di akhirat. Oleh karenanya pendidikan anak bukanlah sebuah tuntutan tapi sebuah kebutuhan yang niscaya.

Dasar Pemikiran

Anak bagai pohon yang baru tumbuh, ia belum menghasilkan buah-buahan juga belum menghasilkan bunga yang harum. Namun memiliki harapan bahwa kelak ia akan menghasilkan bunga atau buah-buahan, tentu saja bila dirawat dengan baik. Sayangnya tidak semua anak mendapatkan perhatian dan dukungan yang cukup. Ada anak yang begitu dikekang ( ini jangan, itu engga boleh ), persis seperti pohon bonsai yang harus tumbuh sesuai pemiliknya. Semua itu tidak baik bagi pertumbuhan anak di masa depan. Anak adalah amanah Allah yang dititipkan kepada kita. Karena perkembangan rohani dan jasmaninya harus sesuai kehendak sang pencipta.
Pada umumnya kita tidak mengerti, bahkan ada yang tidak mau mengerti tentang anak-anak , karena itu terjadilah pada anak-anak dan kita sendiri yang diuji, seperti anak-anak yang nakal, tidak beragama dan sebagainya .
“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” ( QS. Al Anfaal : 28 )

Kalau hal ini sampai terjadi, itu adalah karena ada faktor kelalaian , karena kita tidak mempersiapkan diri untuk diuji Allah keimanan kita dari segi anak .
Semoga dengan berbagai usaha dan berharap kepada Allah, kita dapat mengarahkan dan membimbing ( mendidik ) anak-anak kita kearah yang diridoinya.
Sudah menjadi agenda rutin tahunan SD Islam Al Hasanah mengadakan Pesantren Kilat yang diselenggarakan menjelang Ramadhan. Pesantren Kilat ini dilaksanakan untuk membina watak dan kepribadian yang mandiri dan berjiwa sosial, dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan datang, dengan bermacam warna.

Brosur Pesantren Kilat


2 komentar: