SD Islam Al Hasanah

Selasa, 18 Mei 2010

PENINGKATAN PRESTASI MELALUI KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

Di dalam muatan Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim yang dikembangkan di SDSN Islam Al Hasanah salah satunya disebutkan bahwa Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim adalah kurikulum yang dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum harus dapat mendorong peserta didik untuk berperilaku kepada kepribadian muslim baik di lingkungan sekolah, rumah dan lingkungan masyarakat dengan mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Isi tersebut memberi pengertian bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni itu selalu berkembang, oleh karena itu peserta didik didorong untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan yang ada tersebut, tanpa kehilangan kepribadian sebagai muslim. Jadi peserta didik  akan selalu didorong untuk meningkatkan kemampuan dan prestasinya agar mampu mengikuti dan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni tersebut. Selanjutnya disebutkan pula bahwa untuk pencapaian peningkatan prestasi siswa, dalam pelaksanaannya di sekolah diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pelayanan yang bersifat perbaikan (Remedial) dan juga  pengayaan, dengan tetap memperhatikan pengembangan pribadi peserta didik. Pelaksanaan kegiatan ini diatur sebagaimana berikut ini :

  1. Remedial ( perbaikan ) diberikan kepada siswa yang mengalami hambatan dalam prestasi belajarnya. Ketentuan tentang hal tersebut berpedoman pada pencapaian KKM           ( Kriteria Ketuntasan Minimal ). Artinya siswa yang memiliki nilai di bawah KKM maka kepadanya akan diberikan Remedial. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa dan Rabu.
  2. Pengayaan diberikan kepada siswa – siswa yang memiliki rangking 1, 2, dan 3 di setiap kelasnya. Siswa – siswa ini diberikan materi tambahan dan juga bimbingan khusus untuk menggali kemampuannya dalam mata pelajaran tertentu. Melalui beberapa kali serangkaian tes, mereka diseleksi untuk menentukan kemampuan khusus pada mata pelajaran tertentu. Dari hasil tes tersebut nantinya siswa diarahkan untuk mengikuti lomba – lomba tertentu, baik dari tingkatan gugus, kecamatan, kota, propinsi, dan hingga nasional. Perlombaan yang diikuti tidak hanya yang diselenggarakan oleh pemerintah tetapi juga lembaga – lembaga swasta. Pengayaan diberikan setiap hari Kamis dan Sabtu.
  3. Pelayanan bimbingan khusus untuk pengerjaan PR yang pelaksanaannya dijadwalkan setelah jam pelajaran selesai.

Dari kegiatan remedial dan pengayaan yang dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan tepat, serta terprogram secara terinci, maka di akhir semester dua ini, di mana banyak berbagai kegiatan perlombaan yang diikuti siswa – siswi SDSN Islam Al Hasanah, dapat memperoleh hasil yang membanggakan di antaranya adalah :

  1. Juara I Siswa Berprestasi Tingkat Kec. Ciledug Tahun 2010
  2. Juara I Cerdas Cermat Al Bayyan Expo Tahun 2010
  3. Juara I Olimpiade MIPA Tingkat Kota Tangerang Tahun 2010
  4. Juara II Siswa Berprestasi Tingkat Kec. Ciledug Tahun 2010
  5. Juara II Cerdas Cermat Al Bayyan Expo Tahun 2010

Siswa – siswi SDSN Islam Al Hasanah yang telah meraih prestasi di berbagai event perlombaan diantaranya adalah :

  1. Gandhi Mardiansyah
  2. Avini Risda
  3. Destira Suci Novianti
  1. Adha Vika Nurlaela
  2. Humaira Hanan
  3. Natasya Kamil

Ciledug,  Mei 2010                                                                     Penulis

Suwito, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar