SD Islam Al Hasanah

Rabu, 19 Mei 2010

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN MINAT SERTA BAKAT SISWA

Pembinaan dan Pengembangan minat serta bakat siswa dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini menjadi wadah bagi siswa – siswi SDSN Islam Al Hasanah untuk mengembangkan diri serta menggali potensi – potensi yang ada. Setiap siswa diberikan kebebasan untuk memilih salah satu bidang kegiatan yang paling diminatinya. Kegiatan - kegiatan tersebut   adalah Olah Raga, Kesenian, Sastra dan MIPA. Kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan bagian dari penelusuran minat dan bakat siswa yang hasilnya  diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat secara umum untuk mau menitipkan putra – putrinya belajar di SDSN Islam Al Hasanah. Selain daripada itu, hasil - hasil yang dikembangkan dari penelusuran minat dan bakat siswa dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa – siswi SDSN Islam Al Hasanah ini mampu bersaing dengan sekolah – sekolah lain di wilayah kecamatan Ciledug maupun Kota Tangerang dalam berbagai perlombaan untuk bidang olah raga, kesenian, sastra,dan MIPA. Pada beberapa bidang yang memang belum ada kegiatan perlombaannya para siswa diarahkan agar mampu tampil dengan penuh percaya diri dalam  kegiatan pentas seni. Dengan demikian Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Bakat Siswa secara keseluruhan bertujuan agar para siswa SDSN Islam Al Hasanah diharapkan  mampu  menjadi pemenang dalam berbagai kegiatan perlombaan, juga mampu menampilkan kreasinya dalam kegiatan pentas seni dengan penuh percaya diri, serta dapat dijadikan sarana promosi yang positif dari keberadaan SDSN Islam Al Hasanah. Agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar secara umum, maka kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran dengan pembimbing yang berasal dari guru SDSN Islam Al Hasanah sendiri maupun pembimbing dan pembina dari luar.

Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan adalah sebagai berikut ini :

No

JENIS KEGIATAN

PESERTA

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

FUTSAL

Kls.III – VI

Jum,at

Dadi AS & Akhmad

2

BASKET

Kls III – VI

Rabu

Deni Ahmad R.,S.Pd

3

MENARI

Kls.I – III

Selasa

Yanti

4

SENI LUKIS

Kls.I dan II

Selasa

Agus Hadi, S.Pd

5

ENSAMBLE

Kls.V dan VI

Rabu

Suwito, S.Pd

6

PADUAN SUARA

KLS.IV - VI

Rabu

Suwito, S.Pd

7

MARAWIS

KLS.III – V

Selasa

H.Harun.AR., S.Pd

8

PILDACIL

KLS.III – V

Senin

Wahyu.R., S.Pd

9

QIRA’AT

KLS.III – V

Senin

Yahya, S.Pd

10

SAINS CLUB

KLS.IV dan V

Kamis

Agus Hadi, S.Pd

11

HADRAH +   QASIDAH

GURU SDI AL HASANAH

Sabtu

Hj.Sawiyah, S.Pd +  Hans

12

ENGLISH CLUB

Kls.IV dan V

Jum,at

Reni Wahyuni, S.Pd

13

Pramuka

 

Sabtu

Abdul Latif, S.Ag

 

Dari hasil pembinaan dan pengembangan bakat siswa yang telah dilakukan, prestasi yang sangat membanggakan sekolah maupun orang tua siswa diantaranya adalah :

  1. Juara II Basket Putri
  2. Juara I Futsal Al Bayyan Expo 2010
  3. Juara II Futsal Al Bayyan Expo 2010

Siswa – siswi SDSN Islam Al Hasanah yang telah berprestasi dalam bidangnya diantaranya adalah seperti dalam foto – foto berikut ini.

 

Ciledug, Mei 2010                                                                           Penulis

Suwito, S.Pd

1 komentar: