SD Islam Al Hasanah

Sabtu, 01 Mei 2010

MUHASABAH DAN MOTIVASI JELANG UASBN 2010

“Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan ”.

Itulah janji Allah SWT kepada kita semua, dan hal tersebut kami jadikan tema dalam kegiatan Muhasabah dan Motivasi Jelang UASBN 2010. Kegiatan ini diadakan dengan maksud memberikan kesiapan mental kepada Siswa – siswi SDSN Islam Al Hasanah sejumlah 182 anak, yang nanti pada Hari Selasa sampai dengan Kamis tanggal 4 – 6 Mei 2010, akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ( UASBN ).

 

Pembekalan kepada siswa – siswi ini rutin kami laksanakan dalam setiap tahunnya menjelang diadakan UASBN. Pembekalan yang demikian ini dapat memberikan motivasi tersendiri bagi siswa, dimana  dalam mengikuti kegiatan UASBN, mereka memiliki keyakinan mental, bahwa Allah akan memberikan kemudahan  kepada mereka semua, yang didasarkan pada kalimat Allah “ Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan”

Dengan keyakinan mental yang kuat, diharapkan mereka akan memiliki kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal – soal. Setelah sebelumnya mereka mempunyai usaha yang cukup keras dan lama dalam mempersiapkan diri menghadapi UASBN kali ini. Usaha – usaha yang mereka lakukan adalah penambahan materi selama 2 jam pelajaran setiap harinya, mulai hari Senin sampai dengan Jum’at, dan juga mengikuti serangkaian Try Out yang dilaksanakan hingga 5 kali.

Prinsip berdoa dan berusaha selalu ditanamkan kepada siswa – siswi kami, dan apapun hasil yang diperoleh adalah merupakan ketentuan dari Allah SWT. Dengan bekal yang demikian diharapkan anak – anak nantinya tidak memiliki rasa yang berlebihan terhadap hasil atau keputusan yang diberikan kepada mereka setelah melaksanakan kegiatan UASBN ini. Harapan yang terbesarnya yaitu jika mereka lulus dengan hasil yang memuaskan, mereka tidak akan bergembira secara berlebihan, ataupun sebaliknya jika mereka mengalami kegagalan mereka tidak akan melakukan tindakan – tindakan yang tidak diharapkan, atau tindakan yang merugikan diri mereka sendiri.

Kegiatan Muhasabah yang dirancang khusus oleh Guru Kelas Vi dan Guru Agama ini dilaksanakan setelah Sholat Asar, yang diawali dengan dengan pembacaan Surat Yaassin yang dipimpin oleh Bapak Wahyudin Reisniandy, S.Pd.I dilanjutkan dengan serangkaian bacaan sholawat dan doa – doa yang dipimpin oleh Bapak H. Harun Al Rasyid, S.Pd.I dan diakhiri dengan pemberian motivasi oleh Bapak H. Ahmad Nurshofa, M.Pd. Selama hampir 4 jam penuh kegiatan ini berlangsung dan  diselingi dengan sholat maghrib berjamaah serta makan malam bersama, terasa benar kehikmatan dari kegiatan ini. Hal ini dapat dimungkinkan karena memang sebenarnya anak – anak memang membutuhkan dengan kegiatan yang demikian ini.

Penulis

Suwito, S.Pd

FOTO – FOTO KEGIATAN 

   

 

 

1 komentar: