SD Islam Al Hasanah

Senin, 12 April 2010

RAKER


RAPAT KERJA TAHUNAN

SD ISLAM AL HASANAH

SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL

A. Latar Belakang

UU RI No.20 Tahun 2003, Bab III Pasal 4 menjelaskan tentang Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan disebutkan bahwa Penyelenggaraan pendidikan adalah suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik. Langkah dalam membuat penyelenggaraan pendidikan yang dapat dijadikan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik bukanlah suatu langkah yang instan, hal ini perlu adanya suatu perencanaan yang matang, dibantu oleh berbagai pihak yang mempunyai kaitan langsung dengan dunia kependidikan, diselenggarakan secara profesional oleh lembaga yang menanganinya, memiliki SDM yang mengedepankan prinsip – prinsip profesionalisme dan SDM yang memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idesalisme serta memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia yang kesemua itu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap serta memadai, dan selalu menyertakan kegiatan studi banding dan penilaian terhadap seluruh rangkaian penyelenggaraan pendidikan. Proses yang demikian ini telah memenuhi kriteria tahapan yang standar, yaitu seperti telah adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Implikasi dari penyelenggaraan pendidikan yang karakteristiknya telah diuraikan diatas tersebut tentunya memerlukan penanganan secara serius dan berkesinambungan, kinerja yang maksimal serta pembiayaan yang tidak sedikit. Menyadari hal tersebut kami sebagai Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD Islam Al Hasanah meyakini pentingnya mengadakan kegiatan RAPAT KERJA TAHUNAN, sebagai langkah awal dari rangkaian proses penyelenggaraan pendidikan yang mampu menjadi suatu proses pembudayaan kemampuan, nilai, dan sikap. Rapat Kerja Tahunan yang kami selenggarakan tersebut adalah untuk mengevaluasi dan memperbaiki program kegiatan di SD Islam Al Hasanah untuk tahun ajaran yang telah dijalani, serta menambahan program kegiatan yang dirasa perlu diadakan untuk tahun ajaran yang akan datang.

B. Maksud dan Tujuan Rapat Kerja

1. Maksud Rapat Kerja Tahunan

a. Mengevaluasi dan merevisi pelaksanaan proses penyelenggaraan pendidikan di SD Islam Al Hasanah untuk Tahun Ajaran 2009 – 2010.

b. Membuat Program Kerja Tahunan untuk Tahun Ajaran 2010 - 2011

2. Tujuan Rapat Kerja Tahunan

a. Membagi bidang tugas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan minat, bakat, idealisme, kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikannya.

b. Merumuskan dan menentukan pencapaian target dari masing- masing bidang seperti Bidang Kurikulum, Bidang Kesiswaan, serta Bidang Personalia dan Prasarana.

c. Merumuskan dan menentukan pencapaian target dari masing – masing Mata Pelajaran yang diajarkan.

d. Membuat Kalender Pendidikan, Program Semester, Silabus dan RPP dari masing – masing Mata Pelajaran.

e. Membuat bahan acuan yang akan digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan mengajar, membina dan mengelola.

f. Membuat pedoman pengawasan terhadap semua kegiatan sekolah.

C. Tema

Dengan berpedoman pada Visi dan Misi SD Islam Al Hasanah serta semangat meningkatkan mutu pendidikan kita rancang Program Kerja Tahunan yang berkualitas menuju sekolah berstara internasional.”

D. Pelaksanaan

Rapat Kerja Tahunan untuk Tahun Pelajaran 2010 – 2011 dilaksanakan di dua tempat yaitu yang pertama di SD Islam Al Hasanah dan yang ke dua di Villa Green Hill Cipanas Jawa Barat. Pelaksanaan rapat kerja yang dilaksanakan di SD Islam Al Hasanah adalah untuk tahap evaluasi program – program yang telah dilaksanakan dan tahap penyiapan materi untuk program kerja tahunan untuk Tahun pelajaran 2010 – 2011, sedangkan Rapat Kerja yang akan dilaksanakan di Villa Green Hill adalah sebagai tahap pengembangan, penyempurnaan dan penyelesaian Program Kerja Tahun Ajaran 2010 – 2011. Adapun rangkaian Rapat Kerja Tahunan SD Islam Al Hasanah kami susun sebagai berikut :









E. Jadwal Pelaksanaan Rapat Kerja Tahunan

Jadwal pelaksanaan Rapat Kerja Tahunan SD Islam Al Hasanah ( Standar Nasional) adalah sebagai berikut :



2 komentar: